Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei


Wilayah Maluku di timur Indonesia seolah tidak pernah kehabisan pesona. Sebutan “Mutiara Hitam Dari Timur” yang dipersembahkan bagi Maluku memang tepat, karena banyaknya pulau-pulau yang dikelilingi pantai yang cantik. Pasirnya sangat lembut, lautnya begitu biru dan jernih, serta lingkungan yang masih asri, selalu memberikan kepuasan kepada setiap pengunjungnya.

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Tanah Maluku adalah Kepulauan Kei. Susunan pulau-pulau yang terdapat di tenggara Maluku ini akan membuat kita berdecak kagum. Kebanyakan di antaranya adalah wisata bahari dan hampir semuanya menyajikan keindahan yang sangat mengagumkan. Berikut ini 10 Keindahan di Kepulauan Kei, yang bisa kita nikmati:

1. Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi Lilir

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Kesan pertama ketika pertama kali menginjakkan kaki ke Pantai Ngur Sarnadan adalah bersih dan alami.. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus. Dipadu dengan pepohonan kelapa, serta air laut yang biru. Pantai Ngur Sarnadan menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk bersantai, sambil menikmati matahari tenggelam.

2. Pantai Pasir Panjang-Ngurbloat, Ohoi Ngilngof

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Dinamakan Pantai Pasir Panjang, karena garis pantainya mencapai lebih dari 2 kilometer. Kita bisa berjalan-jalan di pantai ini dengan puas. Di sepanjang pantai ini terdapat banyak saung yang bisa disewa oleh para pengunjung. Selain itu, kita juga bisa memesan kuliner khas Kepulauan Kei.

3. Goa Hawang

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Di Desa Letvuan, ada sebuah goa yang menyimpan keindahan di dalamnya. Keindahan tersebut adalah kolam air tawar yang memantulkan cahaya matahari. Kita juga bisa melakukan cave diving di kolam yang terhubung dengan sungai bawah tanah di Goa Hawang ini.

4. Pulau Bair

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Bila mampir ke Tual, maka jangan melewatkan Pulau Bair. Di pulau ini ada beberapa rangkaian pulau-pulau kecil yang terbentuk dari karang. Meskipun tidak begitu luas, tetapi mengingatkan pada Raja Ampat. Di tengah-tengah pulau ini, ada sebuah dataran pasir yang lebarnya kurang lebih 20 meter.

5. Pantai Ngurtafur

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Pantai ini berada di Pulau Waha, dan memiliki pasir putih yang menjorok ke tengah lautan hingga 2 kilometer dan lebar 7 meter. Hamparan pasir ini membelah pantai menjadi dua sisi. Perhatikan waktu pasang-surut pantai Ngur Tafur, agar kita bisa menikmati keajaiban alam ini.


Tempat ini juga merupakan habitat dari burung Pelikan Australia. Burung-burung tersebut bisa bermigrasi setiap saat. Kadang di Australia, kadang pula di Kepulauan Kei. Aktivitas lain yang bisa dilakuan di tempat ini adalah berenang di pantai serta snorkeling, menikmati keindahan alam bawah laut.

6. Ohoi Dertawun

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Di utara Pantai Ngursarnadan, terdapat pantai yang unik yaitu Ohoi Dertawun. Selain garis pantai yang memanjang, terdapat tebing karang setinggi 5 sampai 10 meter yang terletak di belakang pantai. Pada bagian ujung tebing terdapat peninggalan purbakala berupa lukisan-lukisan sebesar telapak tangan.

7. Bukit Masbait

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Di bukit tertinggi di Pulau Kei Kecil ini, terdapat sebuah tempat ziarah umat Katolik. Di sana terdapat patung Kristus Raja yang bisa berputar. Karena letaknya yang berada di ketinggian, Bukit Masbait juga bisa dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan alam di sekitarnya, termasuk ketika matahari terbit dan tenggelam.

8. Desa Adat Tanimbar Kei

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Dari Pelabuhan Debut, Desa Adat Tanimbar Kei bisa dicapai dengan perjalanan laut selama lima jam. Di sini kita akan melihat sisi yang sangat tradisional dari masyarakat Maluku, di mana adat istiadat masih dipegang teguh, dan diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Ada dua desa yang bisa dikunjungi di Tanimbar Kei, yaitu Kampung Atas dan Kampung Bawah. Masing-masing desa dipisahkan dengan tangga yang bersandar di tebing setinggi 10 hingga 15 meter. Desa adat ini akan mengingatkan kita pada masyarakat Bali. Mitosnya nenek moyang orang Kei memang berasal dari Bali ,yang melanglang buana dan akhirnya menetap di Tanimbar Kei.

9. Pulau Ngav, Er, dan Ngodan

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Bagaimana rasanya berpindah-pindah pulau dalam waktu sehari? Pengalaman itu mungkin bisa dirasakan di Pulau Ngav, Er, dan Ngodan. Ketiga pulau dengan jarak yang berdekatan ini, terletak di sebelah barat Ohoi Dertawun. Di pulau ini kita bisa bersnorkeling sambil menikmati terumbu-terumbu karang. Terkadang kita bisa melihat hiu sirip hitam.

10. Gua Luvat

Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei

Situs Megalitikum di Ohoi Dertawun, terkenal karena lukisan di dinding gua berbentuk cap tangan, matahari, panah, dan berbagai hewan. Lukisan ini merupakan peninggalan masa prasejarah pada zaman Megalitikum (zaman batu besar), di mana manusia mulai mengenal konsep ketuhanan walaupun masih sangat tradisional. Lukisan tersebut menggambarkan pola hidup dan aktivitas masyarakat saat itu yang berhubungan dengan alam.

Nah, itulah 10 Keindahan di Kepulauan Kei. Sebuah perhiasan berharga di Timur Indonesia. Untuk anda yang hoby traveling, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat yang indah ini. Selamat berpetualang di Kepulauan Kei!

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 10 Keindahan di Kepulauan Kei"

Poskan Komentar