Inilah 13 Penyebab Smartphone Lemot


Smartphone dengan platform Android hampir dipakai oleh semua kalangan. Perangkat ini tersedia dari harga yang menengah hingga premium. Orang nyaman menggunakan smartphone karena smartphone didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Mengabadikan foto, nonton video, main game, chatting, update status di sosial media, dan lain sebagainya.

Terkadang pengguna smartphone mengeluhkan smartphone-nya yang menjadi lemot (kinerjanya menurun dan melambat). Bila smartphone sudah lemot saat mengoperasikannya, pasti akan menimbulkan rasa jengkel bila membutuhkan kinerja smartphone di saat-saat tertentu. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan smartphone lemot?

Penyebab Smartphone Lemot

1. Bekerja kelewat batas

Sama seperti manusia, smartphone juga memiliki batas kemampuan dalam bekerja. Pengoperasian suatu program secara berlebih yang melewati batas spesifikasi smartphone, tentu akan membuat smartphone menjadi lemot. Sebaiknya, jangan membiasakan untuk membuka aplikasi berat secara terus menerus. Misalnya game berat jangan dibuka bersamaan dengan aplikasi lain yang juga berat. Karena hal itu akan membuat smartphone lemot.

2. Cache menumpuk

Cache pada smartphone, berguna untuk mempercepat proses jalannya aplikasi di kemudian hari. Tetapi jika dibiarkan menumpuk selama berhari-hari tanpa dibersihkan, maka akan membebani memori smartphone. Jadi biasakan Clear Cache secara berkala lewat menu Settings - Storage untuk memberikan ruang kosong pada memori smartphone.

3. Memori internal penuh

Salah satu dampak yang diberikan oleh menumpuknya cache smartphone, adalah memori internal menjadi penuh. Saat memori internal penuh, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone akan kesulitan untuk menyimpan data baru, sehingga berakibat pada lemotnya smartphone. Agar memori internal smartphone tidak cepat penuh, maka hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai di smartphone. Manfaatkan slot MicroSD untuk menyimpan foto, video, serta file musik.

Inilah 13 Penyebab Smartphone Lemot

4. Aplikasi menumpuk di background

Pada smartphone Android, kita bisa dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang telah dibuka sebelumnya lewat menu Recent Apps. Namun resikonya RAM smartphone jadi terkonsumsi. Semakin banyak aplikasi yang ditumpuk di Recent Apps, maka semakin banyak RAM yang dikonsumsi oleh aplikasi yang running in background. Untuk menghentikannya, sebaiknya Force Stop atau Disable aplikasi yang tidak digunakan lewat menu Settings - Applications.

5. Software tertinggal

Pengembang secara rutin menggulirkan pembaruan untuk aplikasi-aplikasi yang mereka kembangkan. Jika masih menggunakan software dengan versi lama, maka jelas akan terasa lemot. Bukan hanya aplikasi, tetapi juga sistem operasi. Selalu rutin cek update aplikasi dan sistem operasi terbaru, agar smartphone tidak lemot.

6. Widget yang berlebihan

Beberapa pengguna cenderung memilih memasang widget dengan alasan mempermudah akses ke aplikasi yang dituju. Memang benar demikian, namun bila tersedia lebih dari tiga widget dalam homescreen smartphone, maka akan sangat mempengaruhi kinerjanya. Maka pilihlah secara bijaksana widget yang paling bermanfaat.

7. Menggunakan aplikasi launcher


Tujuan pemasangan launcher adalah mempercantik dan kustomisasi perangkat sesuai dengan kemauan pengguna. Sayangnya dengan launcher ini, malah menyebabkan menurunnya kinerja Android. Hal ini disebabkan karena tidak sesuainya Animation Setting yang terdapat pada launcher yang digunakan, sehingga memakan banyak daya dan kapasitas memori dari smartphone. Sebaiknya tetap gunakan tampilan dan Setting dasar dari smartphone yang digunakan. Selain tidak akan membuat boros baterai, kinerja smartphone juga akan tetap normal meskipun telah lama digunakan.

8. Smartphone jarang di-restart

Jika smartphone dirasa menjadi lemot, maka tidak ada salahnya untuk restart. Dengan restart, kinerja smartphone bisa kembali normal.

9. Perawatan buruk

Salah perawatan juga merupakan faktor penyebab smartphone menjadi lemot, bahkan hal tersebut dapat memperpendek umur atau masa pakai smartphone. Seperti penggunaan smartphone sampai menguras baterai dan tidak segera dicharge. Sebaiknya kita tidak menggunakan smartphone sampai daya baterainya benar-benar habis, karena hal tersebut dapat memperpendek masa pakai baterai dengan cepat.

10. Tema tidak sesuai

Terkadang ada beberapa tema yang memerlukan resource memori yang besar. Biasanya tema yang meiliki screensaver serta wallpaper yang "hidup" memakan lebih banyak resource RAM serta aktifitas CPU meningkat. Termasuk penggunaan font pada tema yang tidak sesuai, malah menyebabkab smartphone lemot.

11. File Sistem Log menumpuk

Sistem log adalah rekaman mengenai aktifitas yang dialami dan dilakukan oleh sebuah sistem operasi. Biasanya file ini berbentuk file teks terbuka yang dapat dibuka oleh pengolah teks konvensional. File ini berisi catatan mengenai proses yang berlangsung dalam sebuah sistem operasi seperti menginstal dan uninstal aplikasi tertentu, pegubahan setting, sistem error, bahkan sampai aktifitas yang disebabkan oleh infeksi virus. File ini dapat mencapai puluhan MB bahkan GB jika kita biarkan dalah waktu lama, tergantung seberapa banyak proses yang berjalan dalam sebuah sistem operasi.

12. Software tidak update

Software yang tidak update juga bisa menjasi salah satu penyebab lambatnya kinerja sebuah perangkat smartphone. Setiap software smartphone memiliki beberapa bug dan update software baik melalui OTA maupun WiFi bisa menghilangkan bug tersebut. Untuk menjaga agar smartphone tetap dalam performa terbaiknya, maka sering-seringlah mengecek update software di menu pengaturan smartphone.

13.Kualitas kartu microSD buruk

Kualitas kartu microSD yang buruk juga bisa menyebabkan smartphone lemot. Kartu MicroSD yang buruk biasanya membuat proses mengambil data seperti foto, musik, file lainnya dari microSD untuk ditampilkan ke smartphone membutuhkan waktu yang lama. Hal inilah yang sering membuat smartphone mengalami lag saat pengguna membuka galeri, pemutar musik, ataupun lemot saat booting di smartphone. Untuk menghilangkan masalah ini sebaiknya memilih kartu microSD dari merek terkenal dengan kualitas baik, juga bisa memilih kartu microSD dengan kelas tinggi yang menyediakan kecepatan transfer data yang tinggi.

Nah itu tadi 13 Penyebab Smartphone Lemot. Jika tidak ada perubahan pada smartphone, maka pertimbangkan untuk memiliki smartphone dengan sistem Android terbaru, karena kinerja smartphone sangat dipengaruhi oleh kemampuan hardware.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 13 Penyebab Smartphone Lemot"

Poskan Komentar