Inilah 16 Manfaat Kopi Hijau Yang Mungkin Kamu Belum Tahu


Teh hijau pasti familiar di telinga kita, tapi kalau kopi hijau mungkin ada diantara kita yang belum mengenalnya. Kopi hijau adalah biji kopi dari buah kopi yang belum dipanggang. Proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat. Oleh karena itu, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa (biji kopi panggang).

Komponen utama kopi hijau yang memberi manfaat adalah kafein dan asam klorogenat, dan juga beberapa faktor-faktor lain selain senyawa ini. Berikut ini 16 Manfaat Kopi Hijau:

1. Kaya antioksidan

Biji kopi hijau kaya antioksidan, yang berguna untuk mengurangi efek kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Biji kopi hijau mentah dan belum diolah mengandung 100% murni Asam klorogenik (CGA), yang pada dasarnya merupakan ester asam caffeic yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Ini bisa menjaga kadar glukosa dalam aliran darah, serta mencegah sel-sel kulit dari kerusakan.

2. Meningkatkan metabolisme

Asam klorogenik dalam biji kopi hijau, dikenal sebagai pendorong metabolisme. Hal ini akan meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR) dari tubuh, yang meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah. Karena kurangnya glukosa, tubuh mulai membakar sel-sel lemak yang disimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosa. Biji kopi hijau murni bisa meningkatkan kemampuan pembakaran lemak oleh tubuh, dan akhirnya membantu kita dalam menurunkan kelebihan berat badan.

3. Membantu membakar lemak

Biji kopi hijau juga sarat dengan vitamin dan mineral. Oleh karena itu membantu untuk menjaga kadar nutrisi dalam tubuh. Hal ini juga ditunjang dengan metabolisme pembakaran tubuh, sehingga dapat membakar lemak dan kalori yang tidak diinginkan dengan cepat.

4. Menekan rasa lapar

Kopi hijau mampu menekan nafsu makan yang kuat dan efektif, sehingga kita bisa mengontrol keinginan makan berlebih.

5. Mengobati diabetes

Ekstrak biji kopi hijau dapat menurunkan kadar gula yang tinggi dalam aliran darah, dan juga mempercepat penurunan berat badan. Kedua hal ini penting untuk menyembuhkan penyakit diabetes tipe 2.

Inilah 16 Manfaat Kopi Hijau Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

6. Mengurangi tingkat kolesterol buruk (LDL)

Low Density Lipoprotein (LDL), atau yang dikenal dengan kolesterol jahat, adalah penyebab utama yang membuat kita rentan terhadap gangguan kardiovaskular seperti serangan jantung. Penelitian telah menunjukkan, bahwa hal itu dapat dicegah dengan mengkonsumsi ekstrak biji kopi hijau secara teratur.

7. Membantu melancarkan sirkulasi darah

Para peneliti telah menemukan adanya bahan seperti aspirin yang sangat aktif dan kuat dalam biji kopi hijau, dimana dapat memberikan dampak positif pada darah dengan mencegah platelet menggumpal. Dengan demikian arteri kita terhindar dari pengerasan, dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh kita tetap lancar.

8. Detoksifikasi alami

Ekstrak biji kopi hijau adalah pendetoks alami, membersihkan organ hati agar bebas dari racun, kolesterol jahat, lemak yang tidak perlu, dan sebagainya. Detoksifikasi ini akan memberikan efek peningkatan fungsi, yang akhirnya menunjang metabolisme dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

9. Meningkatkan energi

Karena mengandung kafein yang tinggi, biji kopi hijau juga dapat digunakan sebagai penguat energi yang sangat baik. Hal ini akan menjaga kita tetap aktif selama sepanjang hari.

10. Mengurangi pengaruh radikal bebas

Asam klorogenat dalam biji kopi hijau, dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh kita hingga 10 kali lipat dari teh hijau biasa. Biji yang tidak disangrai akan tetap mempertahankan beberapa agen antioksidan lain dari keluarga polifenol, asam Ferulic, dan lainnya, yang berguna mengurangi percepatan penuaan, serta membuat kulit awet muda.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Biji kopi hijau sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena zat antioksidan yang anti radikal bebas, sehingga dapat membantu tubuh menghilangkan semua jenis unsur-unsur racun yang merusak tubuh.

12. Membantu memperlambat penuaan

Biji kopi hijau jika tidak dipanggang, dapat mempertahankan bahan yang mudah menguap. Gamma-aminobutyric Acid (GABA), Teofilin, epigallocatechin gallate, dan lain-lain, adalah beberapa bahan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah keriput.

13. Membantu melembabkan kulit

Biji kopi hijau juga kaya akan asam lemak dan ester termasuk Arahidic Asam, Asam Linoleic dan asam oleat, yang berguna untuk memelihara dan melembabkan kulit agar tidak kendur, berubah warna, dan kerusakan berat lainnya.

14. Menghilangkan zat penyebab kerusakan rambut

Kandungan antioksidan dari biji kopi hijau menguntungkan bagi rambut. Hal ini karena membantu kita melawan segala sesuatu yang bersifat racun dan merusak, sehingga rambut tetap kuat, sehat, dan indah.

15. Mencegah kebotakan

Androgenetic alopecia atau pola rambut rontok wanita, juga dapat disembuhkan dengan ekstrak biji kopi hijau. Ekstrak biji kopi hijau dapat meningkatkan pertumbuhan serta ketebalan rambut helai demi helai secara signifikan.

16.  Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Menurut penelitian, kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, kewaspadaan, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar 1/3 cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

Efek samping kopi hijau

Mengkonsumsi kopi hijau juga memerlukan kewaspadaan dan peringatan khusus kepada penderita penyakit atau kondisi tertentu. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena kopi hijau juga mengandung kafein mirip seperti kopi biasa. Seperti pada penderita:

  • Tingkat homosistein yang tinggi
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan perdarahan
  • Diabetes
  • Diare
  • Glaukoma
  • Kolesterol tinggi
  • Sindrom iritasi usus
  • Osteoporosis

Nah, itu tadi 16 Manfaat Kopi Hijau Yang Mungkin Kamu Belum Tahu. Kopi hijau aman jika diminum dengan dosis yang tepat, yaitu maksimal 480 mg per hari, selama maksimal 12 minggu. Ekstrak kopi hijau tertentu juga aman digunakan maksimal 200 mg lima kali sehari dalam 12 minggu.

Baca juga ------- Teh atau Kopi, Mana Yang Lebih Baik Untuk Tubuh? -------

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Inilah 16 Manfaat Kopi Hijau Yang Mungkin Kamu Belum Tahu"

Poskan Komentar