12 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan


Daging atau kacang, mana yang lebih kenyang? Kebanyakan orang akan memilih untuk mengkonsumsi daging agar perut terasa kenyang. Namun, kenyataannya sebuah studi menunjukkan kacang lebih efektif membuat perut lebih terisi dan tidak mudah lapar.

Kacang polong untuk orang Indonesia memang tidak sepopuler kacang bogor, sukro, kacang kedelai maupun kacang tanah yang direbus. Keberadaan kacang polong di Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda pada masa penjajahan kolonial Belanda. Konsumsi kacang polong orang-orang Belanda cukup tinggi, karena mereka terbiasa mencampurkannya dalam menu sehari-hari dengan aneka masakan. Ada yang dijadikan salad, sup, sayuran, dibekukan, dijadikan bahan tepung dan lain-lain.

Kacang polong saat ini menjadi salah satu makanan favorit di luar negeri karena selain rasanya enak, manis, dan dapat dijadikan pelengkap makanan berat, kaya akan gizi. Tidak hanya sebagai bahan masakan, kacang polong juga memiliki banyak kandungan gizi dan kaya manfaat untuk tubuh.

12 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan

Berikut ini 12 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan:

1. Dapat membantu meningkatkan masa otot

Kandungan protein nabati kacang polong terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis sayur-sayuran lainnya. Pada 100 gram kacang polong terkandung 8 gram protein nabati, hampir setara dengan 28 gram daging sapi dengan kandungan protein 9 gram. Kandungan yang cukup tinggi ini dapat memenuhi kebutuhan protein manusia sehari-hari.

2. Dapat menurunkan kolesterol

Menurut beberapa penelitian, kandungan omega 3 pada kacang-kacangan bisa menurunkan kolesterol atau lemak jahat. Omega 3 adalah lemak tak jenuh atau lemak baik, yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh akibat kolesterol.

3. Untuk melindungi mata

Karotenoid atau betakaroten adalah zat alami yang terkandung dalam sayur atau buah-buahan yang memiliki warna merah, orange, atau kuning. Kacang polong juga memilikinya. Fungsi dari betakaroten ialah mengkonversi zat warna pada tanaman, sayuran, buah menjadi vitamin A. Selain untuk mempertahankan kesehatan mata, juga bermanfaat sebagai zat antioksidan yang bisa memberikan pertahanan tubuh menjadi lebih optimal.

4. Dapat meregenarasi kerusakan sel tubuh

Vitamin C adalah zat antioksidan yang berfungsi meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Vitamin C sangat berguna untuk kecantikan, semisal memperbaiki kondisi rambut rusak (bercabang, kering), memperbaiki kondisi kulit kusam, karena vitamin C dapat memproduksi kolagen yang berkhasiat untuk kulit kencang serta cerah.

5. Dapat menurunkan gula darah

Kacang polong adalah makanan yang kaya akan serat serta protein. Karena kadar serat serta protein yang tinggi inilah, maka pekerjaan ginjal dalam mengendalikan kadar gula dalam darah terbantu. Diet tinggi protein juga serat, terkenal sebagai terapi alami buat menurunkan gula darah.

6. Dapat mencegah osteoporosis

Folat banyak terkandung dalam sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta buah-buahan termasuk juga pada kacang polong. Peran folat tidak hanya penting untuk bayi dalam kandungan untuk membantu perkembangan sel-sel, namun juga bermanfaat untuk orang tua atau orang dewasa.

Osteoporosis yang rentan terjadi pada orang dewasa menjelang tua. Folat membantu tubuh supaya homosistesin dirubah menjadi metionin. Homosistesian adalah faktor akibat resiko seseorang terkena osteoporosis. Sehingga apabila tubuh kekurangan folat, maka kadar homosistesin dalam darah akan naik serta mengakibatkan osteoporosis.

7. Dapat mencegah penyakit jantung

Omega 3 adalah lemak tak jenuh yang berperan melawan lemak jahat atau kolesterol akibat penyakit-penyakit semisal jantung. Disamping omega 3, terdapat pula kandungan zat lainnya yang baik untuk kesehatan jantung semisal fitonutrien, flavanol, sapion. Flavanol bermanfaat sebagai zat anti pembekuan darah, akibat resiko penyakit jantung.

8. Pengganti daging untuk para vegetarian

Kandungan protein yang tinggi, kaya serat namun rendah lemak juga cocok untuk yang tengah menjalani program diet. Manfaat protein bisa membantu pembakaran lemak, mengurangi nafsu makan, serta cocok untuk orang-orang yang tengah menjalani program diet. Begitu dianjurkan mengkonsumsi kacang polong 2-3 jam sebelum makan berat, untuk mengurangi nafsu makan bagiyang diet. Makanan kaya protein seperti kacang polong membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

9. Anti konstipasi

Nama lain dari konstipasi ialah sembelit, yaitu pergerakan usus yang melambat atau kurang lancar, sehingga mengakibatkan fases keras serta kering. Konstipasi terjadi akibat kekurangan serat di dalam menu harian. Juga faktor lainnya seperti kehamilan, usia tua, pengaruh obat, kurang minum, dan sebagainya. Kandungan serat dalam kacang polong mencapai 8.3 gram dalam setiap 100 gram kacang polong. Ini berarti setiap 100 gram kacang polong akan memenuhi kebutuhan tubuh akan serat sekitar 33%.

10. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan semisal karotenoid, flavonoid, polifenol, serta asam penoleat. Zat antioksidan begitu bermanfaat dalam hal regenerasi sel-sel yang rusak, sehingga mempengaruhi daya tahan tubuh yang berimbas pada kemampuan penyembuhan penyakit. Disamping itu, antioksidan juga bermanfaat dalam dunia kecantikan dalam menjaga elastisitas kulit.

11. Pencegah kanker lambung

Kandungan antioksidan yang berada di dalam kacang polong mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan polifenolnya juga ampuh mengurangi risiko terkena kanker lambung.

12. Berkurangnya gejala penuaan dini

Vitamin C yang ada di dalam kacang polong bisa membantu mengurangi adanya penuaan dini yang dikarenakan infeksi kuman, dan mampu membuang berbagai macam radikal bebas yang berada di tubuh. Zat antioksidan seperti polifenol flavonoid bisa mencegah adanya kerutan di kulit.

Saat mengolah atau pun menyimpan kacang polong, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti berikut ini:

  • Memilih kacang polong yang mempunyai permukaan halus, segar, dan berwarna hijau cerah.
  • Hindari menyimpan kacang polong pada suhu ruangan, sebisa mungkin simpan di dalam lemari pendingin.
  • Anda bisa mengolah kacang polong dengan cara merebus. Caranya dengan mendidihkan air, menambahkan sedikit garam, dan segera masukkan kacang polong. Setelah kurang lebih 1 menit perebusan kacang polong, segera angkat jangan tunggu hingga terlalu matang, karena akan mengurangi kandungan gizi kacang polong tersebut.

Demikianlah 12 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan. Semoga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan sehat dalam menu makanan kita sehari-hari dirumah.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "12 Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan"

Poskan Komentar