8 Macam Rezeki berdasarkan Alqur'an, orang islam harus tahu

Bismillah : Sungguh aneh kadang kita melihat masih banyak orang yang khawatir tentang rezekinya. Padahal telah jelas di terangkan dalam Alqur'an tentang rezeki manusia dan mahluk lain ciptaan-Nya, yang kita tak perlu khawatir. Di bawah ini ayat - ayat yang terdapat dalam Alqur'an yang menerangkan tentang rezeki yang harus kita renungkan. Namun harap di ingat bahwa rezeki bukan hanya harta saja tapi hal yang berhubungan dengan batiniah juga.

8 Macam Rezeki berdasarkan Alqur'an


8 Macam Rezeki berdasarkan Alqur'an

1. Rezeki Yang Telah Dijamin.

"Tidak ada satu mahluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya"
(Q.S.11:6)

Rezeki ini contohnya ; Udara, air, tanah, matahari dan lainnya yang di sediakan Allah untuk hambaNya.

2. Rezeki Karena Usaha.

"Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya" (Q.S.53:39)

Ini sudah umum kita ketahui bersama bahwa siapa yang giat berusaha Allah pasti beri rezeki yang baik. Ini termasuk juga dalam hal ibadah, balasannya nanti di akhirat.

3. Rezeki Karena Bersyukur.

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu" (Q.S.14:7)

4. Rezeki Tak Terduga.

"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya"
(QS. At Thalaq :2)

5. Rezeki Karena Istighfar.

"Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta” (QS. 71 : 10-11)

6. Rezeki Karena Menikah.

"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kemapanan kepada mereka dengan karunia-Nya.”(QS. an-Nur : 32)

7. Rezeki Karena Anak.

"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.”(QS. al-Isra 31)

8. Rezeki Karena Sedekah.

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak" (QS. Al Baqarah 245)

Demikianlah sodara tentang 8 macam rezeki yang terdapat dalam Alqur'an, semoga kita tidak resah dan takut lagi akan rezeki. " Sesungguhnya rezeki itu lebih cepat mengejar kita ketimbang kita mengejar rezeki itu sendiri ( Syeik Abdul qodir Jailani dalam bukunya " Mensucikan Jiwa ). Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "8 Macam Rezeki berdasarkan Alqur'an, orang islam harus tahu"

Poskan Komentar